Rani1991's Blog

Just another WordPress.com weblog

TERJADINYA LONGSOR PT. KAI

Setelah perbaikan akibat longsor di Cilebut, Bogor, sedikit teratasi, kereta Jakarta-Bogor dioperasikan. Karena jalur masih diperbaiki, pihak stasiun Bogor hanya memberangkat 12 rangkaian kereta. Jadwal keberangkatan dimulai pukul 04.25 hingga 08.05 Cuma 12 kereta yang diberangkatkan dengan jumlah penumpang dibatasi, , Kamis tanggal 29/11/2012 ke-12 kereta itu nantinya akan berputar seputar Bojonggede-Jakarta. Pada jam sibuk di sore hari 12 kereta itu akan kembali lagi ke stasiun Bogor. Jadi hanya memberangkatkan dan memulangkan penumpang saja. Dari mulai pukul 19.20 sampai 22.35 Sebanyak 12 kereta yang diberangkatkan dari Stasiun Bogor, terdiri dari tiga ekonomi dan 9 commuter line.
Sementara itu, suasana di Stasiun Bogor sendiri terlihat cukup ramai. Meski tidak terjadi kepadatan yang cukup signifikan. Kepadatan justru terjadi di dalam kereta saat hendak diberangkatkan. Para penumpang juga mengaku was-was saat melintas di area longsor. Padat tapi nggak tahu kalau di luar stasiun, jadwalnya juga terbatas. Yang lebih parah kita masih khawatir kalau lewat lokasi longsor.

Solusinya adalah

PT. KAI harus lebih memerhatikan disetiap pemberangkatan kreta dan stasiun, apalagi pada tanggal 29 kemaren terjadi longsor yang mengakibatkan tertundanya perjalanan bogor-jakarta kota/tanah abang. Kebanyakan masyarakat bogor menggunakan kreta untuk bekerja/ kuliah dan melakukan aktifitas mereka dengan tujuan Jakarta/tanahabang dengan menggunakan kreta karena perjalanan yang lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan angkot atau bis selain lebih cepat harga kreta juga lebih terjangkau yaitu Rp 9000 untuk commuter line dan Rp 2000 untuk kreta ekonomi. namun karena terjadinya longsor tanggal 29 kemaren banyak penumpang kreta menggunakan bis dikarenakan kreta perjalanan bogor menuju Jakarta kota/ tanah abang tidak bisa berjalan karena terjadinya longsor kemaren, kreta hanya diberangkatkan dari stasiun bojong.
Setelah PT. KAI memperbaiki longsor yang terjadi antara stasiun cilebut dan bojong, pemberangkatan kreta dari bogor sudah bisa dilakukan tetapi hanya 12 kreta saja yang diberangkatkan dari bogor 9 commuter line dan 3 kreta ekonomi. sejak kejadian longsor itu terjadi banyak penumpang kreta ekonomi terlantar distasiun bogor karena terbatasnya kreta yang diberangkatkan dari stsiun bogor. Kejadian ini bisa merubah citra PT. KAI menjadi jelek karena minimnya perhatian terhadap kreta, apalagi sering kita lihat terjadinya kepadatan didalam kreta pada jam sibuk apalagi kreta ekonomi hingga para penumpang menaiki diatas gerbong kreta. Saran saya kepada pihak PT. KAI agar lebih tegas terhadap penumpang yang menaiki diatas gerbong dan menindaklanjutin/ memerhatikan kepadatan kreta disetiap keberangkatannya dan terganggunya terhadap pengamen atau terjadinya transaksi penjualan didalam kreta. Padahal kenyamanan dan kepuasaan penumpang sangatlah penting sebab apabila penumpang itu senang/puas terhadap pelayanan yang diberikan PT.KAI maka penumpang itu akan menceritakan kepuasaannya kepada penumang lain sehingga akan memperbaiki citra PT. KAI

December 30, 2012 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: