Rani1991's Blog

Just another WordPress.com weblog

SEJARAH KOPERASI

1.KONSEP DAN SEJARAH KOPERASI
a. Konsep Koperasi
Menurut munker dari universitas of Marburg, konsep koperasi terbagi atas 2 konsep yaitu:
1. Konsep koperasi barat adalah koperasi organisasi swasta, yang dibentuk secara sukarela oleh orang yang mempunyai persamaan kepentingan untuk menciptakan keuntungan bagi anggota koperasi maupun perusahaan koperasi.
2. Konsep koperasi sosialis adalah koperasi yang direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah, dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi untuk menunjang perencanaan nasional.yang berfungsi untuk menetukan kebijakan public, serta badan pengawas dan pendidikan.
3. Sedangkan dengan konsep koperasi Negara berkembang merupakan uraian dari kedua konsep yaitu koperasi yang memiliki cirri tersendiri, yaitu dominasi camuran tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengenbangannya. Campur tangan ini dapat dimaklumi karena masyarakat memiliki SDM dan modal yang terbatas, dengan adany campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya diindonesia membuat mirip dengan konsep sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi social ekonomi anggotanya
b. Sejarah Koperasi
Sejarah lahirnya koperasi berkembang pertama kali di inggris, yaitu di kota Rochale pada tahun 1844.ada awalnya koperasi koperasi Rochale berdiri dengan usaha penyediaan barang-barang konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Pada tahun 1851, koperasi akhirnya dapat mendirikan pabrik dan erumahan bagi anggota yang belum meunyai rumah. Perkembangan koperasi Rochale sangat memengaruhi koperasi di inggris maupun di luar inggris, pada tahun 1852 jumlah kopersai mencapai 100 unit. Perancis juga mendorong adanya koperasi untuk menghadapi serangan industry di inggris, maka perancis berusaha mengganti mesin-mesinyang digunakan dengan mesin modern yang berakibat pada peningkatan pengangguran yang dipelopori oleh Charles Fourier dan Louis Blanc. Selain itu koperasi juga berkembang di Negara jerman yang dipelopori oleh Ferdinan Lassale, F riedrich W. Raiffesen. Dan akhirnyaKoperasi tumbuh dan berkembang ke seluruh dunia setengah abad setelah endirian koperasi Rochale maka para pelopor bersepakat membentuk Internasiona Cooperative Alliance (ICA) dalam kongres kopersai internasional pertama kali pada tahun 1896 di londondengan terbentuny a ICA maka koperasi telah menjadi gerakan internasional.
Sedangkan sejarah keperasi yang berkembang diindonesia, menurut sukuco badan hukum koperasi pertaman diindonesia adalah koperasi di Leuwiliang yang didirikan pada tanggal 16 Desember 1895. Ketika itu Raden ngabei Ariawiriaatmadja dan kawan-kawan telah mendirikan bank simpan pinjam untuk para pegawai pribumi . kemudian WPD de wolf menyediakan kredit melalui koperasi Raiffeisen , pada tahun 1895 badan hukum koperasi belum dikenal di Indonesia karna perundang-undangan koperasi koperasi baru ada pada tahun 1915, jadi apakah koperasi bermanfaat diindonesia. Hasilnya diserahkan pada pemerintahpada tahun 1921, dengan kesimpulan bahwa koperasi dibutuhkan untuk memerbaiki perekonomian rakyat. Pada tanggal 12 juli 1947, diselenggarakan kongres koperasi sejawadi tasikmalaya, maka diputuskanlahterbentuknya sentral organisasi koperasi (SOKRI) menjadikan tanggal 12 juli sebagai hari koperasi dan menaganjurkan pendidikan koperasi dikalangan pengurus, pegawai dan masyarakat. Kemudian pada tahun 1967, pemerintah mengeluarkan undang-undang No. 12 tahun 1967 tentang pokok pengoperasian yang mulai berlaku ada tanggal 18 desember 1967 maka semua koperasi wajib menyusaikan diri dan dilakukan penertiban organisasi koperasi. Disamping itu UU. No. 25 pemerintah juga mengelurkan peraturan pemerintah No. 9 tahun 1995 tentang kegiatan usaha simpan pinjam oleh koperasi sekaligus memperjelas kedudukan koperasi dalam usaha jasa keuangan, yang membedakan koperasi yang bergerak disekitar moneter dan riil.

2. KOPERASI YANG BERADA DILINGKUNGAN SAYA
Koperasi ini merupakan koperasi sekolah, yaitu sekolah aliyah yang berada di bogor. Koperasi ini merupakan koperasi untuk menjual barang seperti: makanan, minuman, jajanan dan kebutuhan rumah tangga. Koperasi ini tidak menerima pinjaman uang akan tetapi koperasi ini menyediakan hutang bagi para dewan guru dan karyawan yang ingin membeli barang, karna mereka dapat membeli barang tsb dengan cara berhutang tanpa harus membayar langsung kepada koperasi tsb. Jadi koperasi sekolah ini dapat meringankan para guru dan karyawan yang ingin membeli barang di koperasi ini.
Bahkan koperasi ini dapatdigunakan juga oleh masyarakat sekitar, tidak dimungkiri bahwa koperasi ini juga banyak diminati mansyarakat, terbukti banyak masyarakat penduduk yang membeli kebutukan rumah tangga seperti : minyak goring, sikat gigi, bahkan alat kosmetik dan barang yang lainnya. Mereka dapat membelinya dikoperasi sekolah ini. Biarpun namanya koperasi sekolah akan tetapi koperasi ini dapat digunakan oleh masyarakat disekitarnya.

3. PENGAERTIAN DAN PERINSIP KOPERASI
a. Pengertian Koperasi
Koperasi adalah merupakan singkatan dari kata ko / co dan operasi / operation. Koperasi adalah suatu kumpulan orang-orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama. Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1967, koperasi indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan Badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandakan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan Koperasi berlandaskan pada Pancasila dan Undang – Undang Dasar (UUD) 1945 serta berdasarkan atas asas kekeluargaan.
b.Prinsip Koperasi
1. Keanggotaan Bersifat Sukarela dan Terbuka
Yaitu seseorang tidak boleh di paksa untuk menjadi anggota koperasi tapi harus berdasarkan kesadaran sendiri, setiap orang yang akan menjadi anggota harus menyadari bahwa akan membantu social ekonominya.
2. Pengelolaan Dilakukan Secara Demokratis
Yaitu berdasarkan pada kesamaan hak suara bagi setiap anggota dalam pengelolaan koperasi, yang dilakukan pada saat rapat anggota. Para pengelola koperasi berasal daridari angota itu sendiri.
3. Pembagian SHU Dilakukan Secara Adil Sebanding Dengan Besarnya Jasa Usaha Masing-masingAanggota
SHU adalah selisih antara pendapatan yang diperoleh dengan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam pengelolaan usaha. Pendatan koperasi dari pelayana masyarakat. Anggota yang mengunakan jasa koperasi akan membayar nilai jasa keada koperasi dan nilai jasa tersebut akan dierhitungkan pada saat pembagian sisa hasil usaha
4. Pemberian Balas Jasa Terebatas Terhadap Modal
Anggota adalah pemilik koperasi sekaligus sebagai pemodal dan pelanggan. Simpanan yang disetorkan pada koperasi akan digunakan untukmelayanin anggota termasuk dirinya sendiri, dari pelayanan tersebut diharapkan bahwa koperasi mendapatkan nilai lebih dari selisih antara biaya pelayanan dan pendaatan
5. Kemandirian
Koperasi harus mampu berdiri sendiri dalam pengambilan keputusan dan organisasi, kemandirian berarti kebebasan yang bertanggung jawab dan dapat berdiri sendiri tanpa tegantung ada pihak lain dan pendorong bagi koperasi untuk meningkatkan keyakinan akan kekuatan sendiri dalam mencapai tujuan
6. Pendididkan Perkoperasian
Setiap anggota koperasi mempunyai hak suara yang sama dalam mengambil keputusan pada saat rapat anggota, maka setiap anggota koperasi perlu dibekali pengetahuan yang mmemadai tentang perkoperasian. Selain itu anngota juga berkesempatan yang sama untuk memilih dan dipilih menjadi pengurus, sehingga setia anggota setia anggota dituntut beratisipasi secara baik dan benar. Intinya peningkatan kualitas sumber daya manusia koperasi adalah sangat vital dalam memajukan koperasinya.
7. Kerja Sama Antarkoperasi
Setiap koperasi memiliki kelebihan dan kekurangan maka kerja sama antarkoperasi bermaksud untuk untuk saling memanfaatkan kelebihan dan menghilangkan kelemahan masing-masing koperasi sehingga hasil akhir dapat dicapai secara optimal.

October 30, 2010 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: