Rani1991's Blog

Just another WordPress.com weblog

RUANG LINGKUP EKONOMI MANAJERIAL

RUANG LINGKUP EKONOMI MANAJERIAL

Defenisi
Ekonomi manajerial adalah aplikasi dari teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi untuk mencapai tujuam dengan cara yang paling efisien.
Ekonomi manajerial merupakan aplikasi dari metode dalam proses pengambilan keputusan manajerial. Dengan demikian ekonomi manajerial mengembangkan prinsip-prinsip ilmu yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas pengambilan keputusan manajerial. Ekonomi manajerial sangat membantu para manajer untuk memahami pengaruh kinerja dan perilaku manajerial ekonomi manajerial memanfaatkan sejumlah alat analisis seperti : metode kuantitatif. Statis atau ekonometri dan konsep-konsep manajemen strategic serta analisis keuangan.

SIFAT DAN RUANG LINGKUP EKONOMI MANAJERIAL
• Setiap manajer pasti menghadapi masalah masalah manajerial dalam kegiatan bisnisnya sehari-hari.
•Masalah timbul ketika terdapat kesenjangan antara kondisi empiris (di lapangan) dengan apa yang diinginkan oleh manajer
Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah manajerial adalah ekonomi manajerial. Ekonomi Manajerial adalah studi yang menerapkan teori dan konsep-konsep dalam ilmu ekonomi dan metode (teknik-teknik) untuk memecahkan masalah masalah manajerial secara optimal. masalah-masalah yang biasa dihadapi para manajer, misalnya:
 Masalah dalam penentuan tingkat harga dan tingkat keluaran produk.
 Masalah apakah akan membuat produk sendiri atau membelinya dari pihak lain.
 Masalah keputusan teknik produksi dan pemilihan teknologi.
 Masalah tingkat persediaan (inventory).
 Masalah pemilihan media dan intensitas periklanan serta promosi.
 Masalah penerimaan dan pelatihan tenaga kerja.
 Masalah investasi dan pendanaan

Ekonomi manajerial menggabungkan ilmu ekonomi dan ilmu pengambilan keputusan.
1.terkaitan dengan teori ekonomi
Yang mana keputusan manajemen dapat menerapkan ilmu ekonomi dan perangkat ilmu terapan. Ekonomi mikro mempelajari tingkah laku ilmu ekonomi secara individual sebagai unit pengambilan keputusan dalam system perdagangan bebas. Ekonomi makro melihatnya secara agregat, seperti : output, pendapatan, investasi, harga total. Teori ekonomi berusaha untuk memprediksi dan menerangkan tingkah laku ekonomi. Teori ekonomi biasanya dimulai dengan suatu model. Model merupakan suatu abstraksi dari banyak hal yang meliputi dari suatu kejadian dan berusaha untuk mengidentifikasi dari beberapa banyak factor dari suatu kejadian.
2. terkaitan dengan ilmu keputusan
Ilmu ini mempergunakan erangkat matematika ekonomi dan ekonometrik untuk membentuk dan mengestimasi model yang ditujukan untuk perilaku optimal perusahaan. Matematika ekonomi digunakan untuk memformulasi model ekonomi yang dipostulatkan oleh teori ekonomi ekonometrik menerapkan peralatanstatistik pada perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi untuk peramalan.

Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.
Ilmu ekonomi makro mempelajari masalah-masalah ekonomi utama sebagai berikut :
a) Sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi.
b) Sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas di bidang moneter.
c) Sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan dan pertumbuhan tersebut disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam distribusi pendapatan terdapat trade off maksudnya bila yang satu membaik yang lainnya cenderung memburuk.
Berikut adalah contoh ekonomi makro:
 inflasi
Inflasi adalah masalah yang dihadapi oleh tiap negara, masalah ini dikaitkan dengan adanya kenaikan harga, karena harga adalah indikator awal penentu inflasi. Inflasi sendiri adalah keadaan dimana terdapat kecenderungan kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus. Maka bila di masyarakat terjadi kenaikan harga satu atau beberapa barang secara sementara, maka hal itu tidak dapat digolongkan sebagai inflasi, meskipun inflasi tidak secara langsung menurunkan standar hidup tapi hal ini tetap menjadi masalah karena 3 alasan berikut.
1. Mengakibatkan redistribusi pendapatan di antara anggota masyarakat.
2. Menyebabkan penurunan efisiensi ekonomi.
3. Menyebabkan perubahan output dan kesempatan kerja dalam masyarakat.
Pemerintah biasanya melakukan kebijakan yang strategis dengan menaikkan suku bunga di bank agar orang mau menyimpan uang di bank, hal ini diharap dapat mengurangi jumlah uang yang beredar dimasyarakat dan menurunkan inflasi. Dampak inflasi yang sangat jelas kita rasakan adalah kenaikan harga secara terus menerus yang ada di pasar.

Ilmu ekonomi mikro (sering juga ditulis mikroekonomi) adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro; dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama.
Berikut ini contoh ekonomi mikro:
 Investasi
investasi yang lazim disebut dengan istilah “penanaman modal atau pembentukan modal” merupakan komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agregat. Investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian, pada praktiknya yang digolongkan sebagai investasi meliputi pengeluaran atau pembelanjaan sebagai berikut.
1. Pembelian berbagai jenis barang modal.
2. Pembelanjaan untuk membangun rumah tempat tinggal, bangunan, dll
3. pertambahan nilai stok barang-barang yang belum terjual, bahan mentah dan barang yang masih dalam proses produksi pada akhir tahun penghitungan pendapatan nasional.
Faktor-faktor yang mempengaruhi investasi antara lain
• keuntungan yang akan diperoleh
• tingkat bunga
• ramalan mengenai keadaan ekonomi di masa depan
• kemajuan teknologi
• tingkat pendapatan nasional dan perubahan-perubahannya, dan keuntungan yang diperoleh dari perusahaan.
Maka dari itu Untuk mengatasi masalah-masalah manajerial, manajer perlu mengambil keputusan yang efektif, dalam arti keputusan yang terbaik atau paling optimal. Keputusan optimal ini berarti maksimisasi dan minimisasi; maksimisasi untuk laba, tingkat produksi atau keluaran, tingkat layanan; dan minimisasi untuk biaya dan risiko. Dalam rangka mencapai keputusan optimal itu biasanya manajer bergantung pada informasi yang didapatkan dari data kuantitatif (yang didapatkan dari analisis data) dan data kualitatif (yang diperoleh manajer dari intuisi dan pengalaman bisnisnya). Ekonomi manajerial menggabungkan ilmu ekonomi dan ilmu pengambilan keputusan. konsep ekonomi yang dapat digunakan biasanya kerangka kerja keputusan, khususnya teori perilaku konsumen, teori perusahaan, teori struktur pasar dan
penetapan harga di pasar. Sementara, ilmu keputusan yang digunakan menyangkut alat dan
teknik analisis numerik (matematis), estimasi statistik, teknik peramalan, teori permainan dan teknik optimisasi.

About these ads

October 2, 2011 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: